15 Langkah Cara Menyambut Karyawan Baru
15 Langkah Cara Menyambut Karyawan Baru Sumber : akamaized.net

15 Langkah Cara Menyambut Karyawan Baru

Merawat seorang karyawan baru selama beberapa minggu pertama di tempat kerja dapat berarti perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan mereka sebagai karyawan serta keberhasilan dan kegagalan Anda sebagai majikan, manajer, atau supervisor.

Orientasi yang tepat menentukan seberapa cepat karyawan baru dapat menjadi produktif dan efektif dalam pekerjaan barunya sambil memberi Anda peluang bagus untuk menjadikan karyawan baru Anda bagian yang efektif dari tim Anda.

 

Sumber : merdeka.com

 

Berikut adalah 15 saran yang akan membantu Anda terlibat dengan karyawan baru Anda selama beberapa minggu pertama untuk membantu memastikan mereka memulai di jalur yang benar.

1. Memiliki kebijakan induksi untuk menyambut dan melatih karyawan baru. Jangan hanya menyerahkannya kepada siapa pun yang tersedia. SDM harus mencakup aspek SDM dari pelatihan induksi dengan pelatih (jika Anda memilikinya), manajer, atau supervisor senior yang menangani sebagian besar pekerjaan. Either way, berikut ini adalah minimal dari apa yang diperlukan.

2. Berikan sambutan hangat kepada karyawan Anda. Jangan hanya mengarahkan mereka ke area tempat mereka bekerja dan meminta mereka menanganinya. Tidak ada yang membuat karyawan baru merasa lebih nyaman daripada sambutan hangat.

3. Beri mereka deskripsi singkat tentang peran Anda sebagai supervisor. Mengetahui siapa yang bertanggung jawab dan apa yang Anda harapkan dari mereka akan membuat mereka lebih nyaman dengan Anda sebagai bos.

4. Berikan karyawan baru Anda tur sambutan ke seluruh departemen, atau jika situsnya tidak terlalu besar, seluruh situs. Pastikan mereka tahu cara menuju kamar mandi, pintu darurat, kafetaria, dll.

5. Beri mereka penjelasan singkat tentang perusahaan, sejarahnya, misi dan tujuannya.

6. Tawarkan produk dan/atau layanan perusahaan Anda, jika memungkinkan, dengan memberikan perhatian khusus pada produk yang terkait dengan area tempat karyawan tersebut akan bekerja. Ini akan membuat mereka lebih aman dan lebih percaya diri dalam pekerjaan yang akan mereka lakukan.

7. Jelaskan kepada karyawan baru Anda bagaimana perusahaan beroperasi terutama jika perusahaan memiliki praktik kerja yang tidak biasa atau struktur yang berbeda dari biasanya. Sekali lagi, ini akan membantu memperkenalkan mereka ke perusahaan.

 

Sumber : hipwee.com

 

8. Beritahu karyawan baru Anda tentang pesaing perusahaan dan apa yang sedang dilakukan untuk memastikan bahwa perusahaan tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan.

9. Jelaskan secara rinci tanggung jawab karyawan baru dan jelaskan fungsi pekerjaannya. Jangan serahkan kepada karyawan lain untuk mengajari mereka dasar-dasarnya kecuali ada karyawan yang terlatih untuk pekerjaan mereka.

10. Buat karyawan baru Anda menyadari apa yang Anda dan perusahaan harapkan dari mereka. Ini termasuk etos kerja yang tepat, produktivitas, kerja tim dan penampilan.

11. Jelaskan syarat dan persyaratan khusus pekerjaan, termasuk jam kerja, upah, periode pembayaran, pembayaran liburan, ketentuan sakit, pensiun, tunjangan kesehatan, penundaan, dll.

12. Sangat jelas tentang aturan, kebijakan, prosedur, dan peraturan keselamatan. Menjelaskan dan mendemonstrasikan penggunaan yang benar dari perangkat keselamatan.

13. Perkenalkan karyawan baru kepada rekan kerjanya dengan deskripsi singkat tentang pekerjaan dan tanggung jawab mereka.

14. Identifikasi peluang untuk promosi dan peluang lainnya.

15. Beri mereka waktu untuk menyesuaikan diri, beri mereka teman kerja, pekerja yang ramah dan berpengalaman, tunjukkan pekerjaan dan bekerja dengan mereka selama dua minggu pertama.

Mencakup semua dasar ini akan membantu karyawan baru beradaptasi dan mereka akan lebih efisien dan dapat berkontribusi lebih cepat dibandingkan dengan karyawan yang baru saja dibiarkan menggunakan perangkat mereka sendiri.