15 Langkah Mudah Untuk Memulai Bisnis Kecil Anda
15 Langkah Mudah Untuk Memulai Bisnis Kecil Anda Sumber : qoala.app

15 Langkah Mudah Untuk Memulai Bisnis Kecil Anda

Ya, itu mudah, dan tentu saja, judul itu sedikit lidah di pipi. Dibutuhkan banyak kerja keras untuk benar-benar memulai bisnis. Tapi itu sepadan dengan setiap jam yang saya habiskan untuk sampai ke tempat saya sekarang.
Ketika saya memutuskan untuk memulai bisnis saya di bidang komunikasi dan konsultasi foto, saya berusaha sangat keras untuk menemukan panduan yang baik untuk startup saya. Saya tidak dapat menemukan apa pun dengan semua langkah. Jadi saya memutuskan untuk menulis satu. Sejauh ini, sebagian besar hanya kerangka tulang (yang cukup panjang) yang Anda lihat di artikel ini.

Saya akan menambahkannya setiap satu atau dua minggu dan menulis artikel yang lebih rinci tentang semua langkah, jadi cobalah untuk berhenti dan memeriksanya dari waktu ke waktu. Beri tahu saya caranya. Email saya jika saya lupa sesuatu atau jika Anda memiliki pertanyaan.

 

Sumber : pandagila.com

 

Sebelum Anda menghabiskan banyak uang, bicarakan dengan beberapa ahli. Pergi ke perpustakaan atau online dan cari, cari, cari. Luangkan waktu untuk memastikan bahwa kewirausahaan tepat untuk Anda.

Buatlah daftar pro dan kontra dari kepemilikan bisnis, dan evaluasi diri Anda dengan jujur. Berapa banyak karakteristik yang Anda miliki bersama dengan pengusaha sukses? Apakah posisi keuangan Anda cukup kuat? Apakah Anda memiliki keterampilan teknis dan manajerial yang diperlukan?

Anda tidak akan menjadi pengusaha yang sempurna. Bukan siapa-siapa. Tetapi untuk menjadikan diri Anda sebagai wirausahawan terbaik, pikirkan cara untuk mengimbangi kelemahan apa pun yang mungkin Anda miliki.

Saya dari Kanada, jadi lembaga pemerintah yang saya sebutkan dalam panduan ini adalah orang Kanada, tetapi sebenarnya, siapa pun dapat menggunakannya. Yang harus Anda lakukan, jika Anda berasal dari tempat lain selain Kanada, adalah mencari tahu di mana Anda perlu menemukan beberapa hal yang akan saya bicarakan. Beberapa langkah mungkin sedikit berbeda, dan Anda mungkin tidak perlu khawatir tentang hal-hal seperti GST misalnya, tetapi saya yakin Anda akan menemukan diskusi ini cukup membantu.

Langkah-langkah untuk memulai bisnis ini cukup baik, tetapi Anda mungkin menemukan diri Anda berbeda dari mereka dalam keadaan Anda sendiri. Ini sebenarnya bukan masalah besar, selama Anda menyelesaikan sebagian besar. Ada beberapa langkah yang dapat Anda lewati juga, tetapi jangan lewatkan “langkah besar” mana pun, dan saya yakin Anda akan mengetahuinya dengan melihat daftarnya.

 

Sumber : zonakaya.com

Jadi, dengan asumsi Anda telah membuat penilaian dan Anda masih ingin memulai bisnis, tarik napas dalam-dalam, dan mari kita mulai.

1. Lakukan studi kelayakan untuk bisnis Anda. Jelaskan pelanggan, produk, dan pesaing khas Anda. Siapa yang akan menjadi pemasok Anda? Apa yang akan Anda kirimkan untuk produk Anda? Bagaimana Anda akan memasarkan produk Anda? Ini hanya beberapa pertanyaan yang perlu Anda jawab.

2. Tulis rencana bisnis lengkap untuk perusahaan Anda, menggunakan informasi yang Anda kumpulkan dari studi kelayakan Anda. Langkah yang sangat penting dan sering diabaikan ini harus mencakup deskripsi perusahaan Anda, tujuannya, pesaing, pasar, informasi keuangan, dan tentu saja bagaimana Anda ingin mencapai tujuan Anda.

3. Dapatkan pembiayaan Anda. Ada banyak cara untuk mendanai bisnis Anda, dari tabungan Anda sendiri hingga kartu kredit pribadi hingga pinjaman bank. Jika Anda membutuhkan kredit, ketahui rencana bisnis Anda dari depan ke belakang dan bahkan mungkin ke samping.

4. Putuskan jenis struktur apa yang akan dimiliki perusahaan Anda. Dari sudut pandang hukum, ada tiga opsi dasar, kepemilikan tunggal, kemitraan dan pendirian, dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

5. Pilih nama untuk perusahaan Anda dan periksa apakah nama tersebut tersedia. Memberi nama perusahaan Anda adalah masalah yang sangat individual, tetapi itu adalah hal pertama yang terkait dengan bisnis Anda, jadi pilihlah nama Anda dengan hati-hati. Anda harus menjalankan laporan NUANS (pencarian nama yang baru dipromosikan secara otomatis), yang memeriksa pilihan nama Anda untuk memastikannya menonjol dibandingkan database nama bisnis lain. Nama yang dipesan berlaku selama 90 hari.

6. Putuskan apakah Anda ingin mendaftar di tingkat federal atau provinsi dan mendaftarkan perusahaan Anda. Jika Anda mendaftar di tingkat federal, Anda juga harus mendaftar di tingkat provinsi, yang kira-kira dua kali lipat biayanya. Anda tidak harus memiliki pengacara yang menanganinya untuk Anda, tetapi mungkin ide yang baik untuk berkonsultasi dengan setidaknya salah satu pengacara. Anda dapat memperoleh formulir dari kantor pemerintah setempat, mengirimkannya melalui faks, atau mengunduhnya. Anda dapat mengirim salinan cetak melalui faks atau email, atau mengisi formulir online

7. Hubungi jendela bisnis Canada Revenue Agency untuk mendapatkan nomor bisnis Anda, dan untuk mendaftar GST/HST, penggajian, pajak penghasilan perusahaan, dan impor/ekspor (jika berlaku). Anda juga dapat menghubungi CRA jika Anda memerlukan informasi umum tentang pengeluaran bisnis. Anda mungkin harus memungut GST, tetapi Anda mungkin ingin mendaftar untuk mendapatkan nomor GST meskipun Anda tidak harus memungutnya karena kredit pajak masukan.

8. Putuskan apakah Anda perlu mengumpulkan PST. Jika ya, Anda harus menyerahkan dokumen Pendaftaran Pemasok ke wilayah Anda.

9. Tentukan apakah ada izin atau lisensi khusus di kota Anda. Sangat tidak mungkin bahwa kotamadya Anda tidak memiliki izin atau lisensi khusus.

10. Kembangkan materi pemasaran yang Anda putuskan dalam rencana bisnis Anda. Itu harus mencakup setidaknya paket identitas perusahaan, kit pers, dan situs web. Paket identitas Anda adalah logo, kartu nama, dan visi Anda. Kit pers dapat mencakup surat pengantar, resume, siaran pers, artikel, dan brosur. Di era elektronik kita, materi cetak saja tidak cukup. Anda memerlukan situs web yang terlihat profesional, sesuai dengan materi cetak, dan memiliki salinan yang bagus. Anda juga perlu memastikan bahwa itu dioptimalkan untuk mesin pencari.

 

Sumber : lifepal.co.id

 

11. Siapkan rekening bank komersial Anda dan sistem pencatatan. Bankir Anda perlu melihat dokumen pendirian Anda, dan Anda mungkin harus membuat lebih dari satu akun sehingga Anda dapat melacak keuangan Anda dengan lebih baik. Pencatatan diperlukan, dan dapat dilakukan secara manual atau menggunakan program komputer.

12. Membeli asuransi. Ada banyak jenis asuransi yang berbeda, tetapi perusahaan Anda kemungkinan besar akan membutuhkan setidaknya satu. Misalnya, jika Anda memiliki karyawan, Anda harus menghubungi Dewan Kompensasi Pekerja. Tergantung pada jenis bisnis Anda, Anda mungkin ingin menghubungi mereka bahkan jika Anda tidak memiliki karyawan untuk mengamankan diri Anda sendiri.

13. Menghubungi calon kreditur dan menetapkan persyaratan kredit. Anda pasti sudah mencari pemasok saat melakukan studi kelayakan. Sekarang adalah waktu untuk menghubungi mereka.

14. Tentukan di mana Anda bekerja. Sewa ruang kerja Anda. Atau, Anda dapat memilih untuk memulai bisnis Anda sendiri dari rumah jika memungkinkan. Ada keuntungan dan kerugian untuk memulai bisnis Anda sendiri dari rumah. Misalnya, Anda memiliki penghapusan pajak, tetapi terkadang citra Anda terpengaruh.

15. Pembelian perlengkapan dan peralatan kantor. Anda akan memerlukan banyak hal untuk dicantumkan di sini, dan tentu saja, setiap bisnis memiliki kebutuhan yang berbeda. Anda mungkin memerlukan mesin faks dan printer. Anda mungkin membutuhkan komputer. Anda pasti membutuhkan kertas, pensil, pensil, dan kalkulator.